Erha 21

Sudah sekitar 2 bulanan ini gw melakukan perawatan di Erha 21 Bogor. Masalahnya??? JERAWAT…! Ya, jerawat ini sudah sangat mengganggu. Hilang 1 tumbuh 1000 dan gw mulai tidak merasa nyaman dengan hal itu. Awalnya temen gw yang menyarankan untuk ke Erha karena dia juga melakukan perawatan di Erha dan hasilnya memuaskan.

Akhirnya gw datang ke klinik itu untuk konsultasi dengan salah satu dokternya. Gw memilih dr. Julia Satya Karmendra, S.pKK karean dokter inilah yang praktek di hari Sabtu. Gw hanya bisa melakukan perawatan di hari Sabtu karena Senin – Jumat gw bekerja dan hari Minggu mereka tutup. Setelah berkonsultasi dengan dr. Julia, langkah pertama yang dilakukan yaitu mengekstraksi jerawat-jerawat yang ada di muka. Sumpaaahhh!!! Suakiiiiittt bangettt! Ekstraksi merupakan proses memecah jerawat dan mengeluarkan isi di dalam jerawat (yang putih-putih itu lho). Harus sampai bersih, klo gak sama aja bohong. Karena jerawat malah akan meradang. Setelah bersih kemudian diberi salep anti infeksi dan ditutup plester kecil-kecil. Setelah itu gw disuruh menebus beberapa cream dan pembersih muka. Selain itu juga ada obat dan vitamin yang harus diminum. Obat ini gunanya untuk membantu mempercepat keringnya jerawat. Tokcer banget sih tapiiiii mahaaalll. Sebutir harganya sekitar Rp 9.000, sedangkan sehari dosisnya 3 butir. Cuma sekali doang gw menbus obatnya. Efek lain yang gw kurang suka dari obat itu mulut jadi kering juga. Hadeeeuuuhhh… Oia, pembersih dan cream yang gw tebus, yaitu :

  • Simply Remove : pembersih berbentuk gel
  • ACS BP : acne cleansing soap, untuk cuci muka
  • AMG 4 : acne moisturizer gel, pelembab
  • ASG : acne sunscreen gel, sunblock
  • AST : acne solution treatment, obat jerawat
  • Acne Face Powder (ini sih inisiatif sendiri. hehehehe…)

Seminggu kemudian gw disuruh kembali untuk melihat reaksi cream-cream itu terhadap wajah gw. Dan gw pun harus kembali diekstraksi untuk menghilangkan beberapa jerawat yang masih ada. Tetapi setelah ekstraksi ini mulai dilakukanlah yang namanya Peeling. Ya, peeling pertama yang diberikan yaitu Acne Peeling/BHA. Rasanya sama saja seperti peeling-peeling pada umumnya. Clekit-clekit gitu deh kya digigit semut. Tetapi untuk mengurangi rasa clekitnya, kita dibekali kipas angin. Setelah peeling gw diminta untuk menebus beberapa cream tambahan, seperti :

  • Erha 10 dan Erha 11 : untuk home peeling
  • Neck cream : untuk menghaluskan leher (berasa udah tua gw make ini)

Dua minggu kemudian gw diminta untuk datang. Karena wajah gw udah berkurang jerawatnya, maka dilakukanlah Office Peeling. Sama aja sih prosedur dan cara pengerjaannya dengan Acne peeling, cuma Office Peeling ini efek mengelupasnya lebih dasyat. Ada beberapa peraturan yang harus kita taati, salah satunya tidak boleh menggunakan make up apapun (bedak, blush on) dan tidak boleh terpapar matahari terik terlalu lama. Jangankan terpapar matahari, kita pun diharapkan tidak terlalu banyak berkeringat. Kenapa??? Karena klo berkeringat muka kita rasanya gataaaaalll bangeeettt!!! setelah Office Peeling cream yang pakaipun diganti.

  • ShCl : untuk mengurangi kemerahan setelah peeling
  • Perfect Shield : sunscreen selama seminggu setelah peeling
  • AMG 6 : acne moisturizer gel, miriplah dengan AMG 4
  • CC 10 : correcting cream, mengurangi noda
  • Erha 6 : krim malam selama seminggu setelah peeling

Sebulan kemudian dtaang kembali untuk konsultasi. Tetapi… Ternyata kulit gw malah bermasalah dan perawatan pun mundur lagi seperti pertama kali gw perawatan di Erha. Sampai sekarang gw nulis blog ini, cream yang gw gunakan adalah cream-cream waktu awal gw perawatan setelah melakukan Acne Peeling. Sediiiiihhh…

Fiuuuhhhhh,,, entah kapan muka gw akan mulus kembali. Padahal biaya yang dikeluarkan tidak sedikit lho. Hiks… Hiks… Hiks… Nanti gw update lagi perkembangannya ya…

Leave a comment

12 Comments

  1. sama saya juga mengalami hal serupa, padahal sebelumnya saya tidak jerawatan, dan selain risih karena jerawat, saya juga risih dengan tatapan dan pertanyaan orang “kenapa tiba2 saya jerawatan?”
    saya juga ke erha 21, dan entah kapan jerawat ini benar2 hilang dan kulit saya kembali mulus, mungkin lebih dari 1bulan ya. hehehe semoga jerawat kita sama2 sembuh dan kulit wajah kembali mulus, karena wajah sangat penting.

    Reply
  2. tea

     /  10 October 2012

    waduuh…ceritanya panjang banget…….hehe….klo aku ke dokter julia s kamendra dari mulai sma kelas 1 sampe sekarang udah punya anak, dulu mah cream siang sama sabun masih 7500sekarang cream 60 rb sabun cair facial peelingnya 90 rb..ku pernah baru baru ini chemical peeling ke dia…dikira aku murah masih 120 hehhe..ternyata habis 700 rb waktu itu…ku kaget….ya mau gimana lagi kalo udah cocok kesitu diterusin aja…..utk rutinnya sih aku beli sabun cair sama cream siang & pagi doang…yah…semoga bisa berhasil and cepet mulus deh………..salam kenal

    Reply
  3. Milan

     /  19 October 2012

    Harga untuk pertama kali perawatan sama nebus obat berapa? Aku pengen ke erha juga tapi takut kaget di kasir bayarnya mahal.

    Reply
  4. Novee

     /  11 November 2012

    Hai sis,,,, salam kenal…..aku juga make erha,, permasalahan sama jerawat membandel gitu deh…. Aku belum pernah dikasi resep peeling ama dokternya. Keciali home peeling doank.

    Reply
    • sherli

       /  14 January 2014

      Klo di bogor biaya dokter nya 160.
      Biaya tindakan 275
      Krim wajah beda” harga nya
      Pokok nya skali dateng minimal keluar kocek 500,000 an

      Reply
  5. Julia

     /  22 March 2013

    kalu dulu gw ke Nathasia, sebelum pake cream dari natahasia muka gw nggak terlalu jerawatan, tapi namanya juga wanita ya,,,pengen muka mulus, jadi gw pake cream dari nathasia selama 4 bulan muka gw bersih banget, nggak ada 1 jerawatpun yang muncul, tapi lama-lama gw perhatikan kok wajah gw kelihatan tipis & putih banget gw suka sih, tapi masalahnya ada rambut-rambut halus yang tumbuh di wajah gw,,iiihhh mengerikan, gw langsung stop pemakaian. tapi baru stop selama 2 hari muka gw langsung muncul jerawat banyak kecil-kecil, merah pokoknya gw stres banget, gw coba datang lagi ke nathasia tapi dokternya malah nyarenin untuk pake creamnya lagi da perawatan yang lebih mahal, tapi malah jerawat gw lebih banyak, gw udah nggak tahan oleh karena itu gw stop ke nathasia & gw mulai cari beauty centre mana yang bagus, gw coba di Esther house of beauty tapi nggak ada perubahan, trus kakak gw nyaranin pake tepung kuntit ama air jeruk bipis, langsung berkurang jerawat gw & muka sama sekali nggak berminyak, tapi masih saja muncul jerawat, bkin gw sebel banget, trus gw coba ke salah satu tempat Spa di jerawat mulai berkurang tapi masih aja timbul, trus kira-kira bulan lalu Februari 2013 gw lihat iklan di TV tentang Murad acne complex, trus gw coba mesan 1, waktu pake pertama jerawat malah tambah banyak tapi karena memang sudah di tulis di situ memang pemakaian pertama akan membuat jerawat semkain bnayk tapi terus saja pake dan sabar, jadi gw tetap aja sabar pake selama 4 minggu dan sekarang kulit wajah gw kemali ke normal, udah bersih nggak sama dulu memang sih masih ada jerawat yang timbul klu stres atau datang bulan tapi gw udah bersyukur banget kulit gw udah nggak berbulu halus & kembali seperti dulu dan udah bersih sejak pake Murad Acne kompleks, melalui pengalaman gw ini kayaknya gw udah nggak mau lagi ke Klinik2 kecantikan udah kapok, pake yang natural aja, setidaknya itu alamai dan pemberian Tuhan, gw nggak mau pake obat yang keras2, takut,,,,….

    Reply
  6. Ikha

     /  5 April 2013

    Haiii…aku jg pke erha 21di bekasi..bru 3bln sih tp hasilnya smpe skrg blm memuaskan…. malahan minder krn banyak yg nanya muka ku knp… selain makenya ribet krna banyak krim dan harus dicampur trus ngga nyaman juga karna ada rasa nyelekit2 lah aplg rasa gatelnya ituuu ampun deh ehhh bikin daerah sekitar bibir juga kering …. smpe2 aku mikir kenapa begini bgt ya mau mulus n bersih … smpe saat ini aku msh pke krim
    Bp : cuci muka
    Amg 1+ Af 4: pagi n siang
    Erha 6+ Anc2 : malam
    Ag 2 buat totol jerawat

    Reply
  7. acne peeling BHA brp biayanya?

    Reply
  8. sama ni aku juga ke erha tapi yang di jembatan lima jakarta pusat dengan dokter Anthony ,, permasalahannya sama yakni JeRaWaT !!! berharap muka bisa mulus n kinclong kaya kaca hiks setelah melewati proses proses yg cekit cekit

    Reply
  9. sherli

     /  14 January 2014

    Heii sis.. aku jg ud pernah di erha tp ga ada perubahan. Di liat smpe 2/3 bulan aja dl klo ga ada perubahan mending pindah klinik laen brarti ga cocok itu.
    Untuk acne coba ke ” klinik estetiderma ” atau ke bio klinik kusuma lab obt nya bgus krim nya ampuh.

    Reply
  10. shinta anggreany

     /  26 January 2014

    heloo.girls ada yang tau erha pindah ke mana…? saya hampir sebulan lehabisan obat, saya cek ke ERHA lama yang di bangbarung dh ganti nama tempatnya, p
    as saya hbungi dokternya , dokernya malah bilang kalo masaih t4 yang sama sementara karyawanya bilang sudah pindah ke jambu 2..saya jadi bingung.

    Reply
  11. Vivi

     /  23 February 2014

    Haii sis.. Aku juga pemakai produk erha. Aku pake erha hampir 5thn.selama ini muka gk ada mslh soal jerawat dll. Tp muka jd kering. Dan skrg aku berhenti total pake erha. Aku skrg pake shiseido. Semenjak stop pake erha, di dagu muncul jerawat.jerawat nya sembuh sih tp bekas nya itu. Dan skrg tiap mau mens jerawat selalu tumbuh di bagian dagu dan ada bruntusan kecil2. Entah ini gk cocok pake shiseido apa gmn. Pgn sih balik pake erha lagi, tp aku syg sm kulit ku jg kering n tipis. Masih galau antara tetep pake shiseido, balik erha atau pake sk-ii? Makasihh sebelum nyaa. Klo ada yg pny pengalaman yg sama, share ya :))

    Reply

Leave a Reply

