Tidak Hapal Menteri. Salah Siapa???

Yup, itulah salah satu judul berita di Seputar Indonesia Pagi edisi 14 Oktober 2011. Sebenernya sih judul itu terkait dengan berita reshuffle kabinet presiden SBY yang saat ini lagi heboh banget. Jadiii, diberitakan di suatu daerah di Provinsi Jawa Tengah dimana anak-anak sekolah sudah berjejer manis di pinggir jalan untuk menyambut 2 orang menteri yang akan datang ke daerah mereka. Ketika ditanyakan siapa menteri yang akan datang, mereka tidak tahu.

Sungguh miris melihat realita itu, tetapi itulah yang terjadi masyarakat kita saat ini. Duluuu,,, ketika saya masih duduk dibangku SD-SMP dimana jumlah partai politik cuma 3 saja (merah-kuning-hijau, seperti lampu lalu lintas yak) dan jarang sekali terjadi reshuffle kabinet, bisa dipastikan saya hapal seluruh menterinya. Sampai mama pun membeli poster nama-nama menteri di kabinet kala itu supaya saya lebih mudah untuk menghapalnya. Kenapa? Karena di mata pelajaran PPKN atau IPS terkadang ditanyakan nama-nama menteri sebagai salah satu soal ulangannya. Sekarang??? Jujur saja hanya beberapa yang saya ingat. Dan yang saya ingat itu adalah menteri-menteri yang memiliki kasus yang di-blow up oleh media massa, selain menteri dari kantor sendiri ya… Hihihi…

Lalu salah siapa klo masyarakat tidak bisa mengingat seluruh menteri yang ada di kabinet saat ini??? Karena menurut saya, menteri-menteri yang ada saat ini tuh tidak melegenda/terpatri di ingatan karena selalu berganti. Aduuuhhh,,, gimana ya ngejelasinnya??? Contohnya nih, menteri luar negeri. Nah, yang masih terpatri di ingatan saya menteri luar negeri Indonesia itu Bapak Ali Alatas. Yoiii… Beliau melegenda sekali sebagai menteri luar negeri. Beberapa kali pergantian kabinet dan beliau tetap pada posisinya sebagai menteri luar negeri. Bahkan, dunia pun mengakui kehebatan beliau dan segan padanya. Itu baru contoh kecil yaaa…

Tidak mengecilkan menteri-menteri yang ada sekarang. Tetap ada saja pengecualian kok. Contohnya Ibu Sri Mulyani yang sekarang menjadi Boss di World Bank. Keren kan??? Padahal beliau termasuk orang baru kan di dunia permenterian dan ternyata beliau diakui dunia. Saluuuttttt…! Yaaa… meskipun kembali lagi, ada juga menteri yang malah mencoreng muka Indonesia dengan perbuatan yang tidak terpuji.

Sooo,,, gimana nih kabar reshuffle kabinet kali ini? Akankah saya bisa menghapal nama-nama mereka? Sedangkan yang sekarang saja saya belom hapal. Dooohhhhh…!

Leave a comment

Leave a Reply

